Jumat, 04 September 2015

☛ Naqsh-i-Rustam, Tebing yang 'Disulap' Jadi Istana.

jejakmasalalu68.blogspot.com © Di zaman yang masih kuno peradabannya, kekaisaran Persia kala itu sudah mampu membuat arsitektur bangunan 'secanggih' ini.
Di sebelah utara kota kuno Persepolis, Iran terdapat sebuah istana tebing indah yang sangat populer di kalangan wisatawan. Tebing itu bernama Naqsh-i-Rustam.

Tak hanya terkenal karena keindahannya, proses pembangunan istana tebing Naqsh-i-Rustam juga sangat menakjubkan. Di zaman yang masih kuno peradabannya, kekaisaran Persia kala itu sudah mampu membuat arsitektur bangunan 'secanggih' ini.

Naqsh-i-Rustam memiliki pintu besar di bagian depan untuk masuk ke dinding tebing. Total ada 4 pintu masuk berukuran raksasa yang dikenal dengan nama 'Persilangan Persia'.

Sementara di dinding-dinding tebing terdapat ukiran-ukiran yang dibuat sedemikian detail dan sempurna. Di dekat pintu masuk istana terdapat semacam sarkofagus yang dulunya digunakan untuk upacara kerajaan.

Naqsh-i-Rustam menjadi simbol kebanggaan kekaisaran Persia dari masa ke masa, mulai dari zaman Xerxes, Darius hingga Cyrus. Kini, istana tebing itu menjadi daya tarik kuat bagi pariwisata negara Iran.

Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin



¤ Salam sayang buat istri tercinta ... 
'Siti Nurjanah.'


 
;