Minggu, 01 November 2015

☛ Berziarah ke Makam Syuhada Perang Uhud.


Salah satu tempat yang menjadi pusat ziarah ribuan jemaah haji atau umrah dari seluruh penjuru dunia adalah makam para syuhada di Jabal Uhud, Madinah.

Syuhada yang dimakamkan di sana adalah para pejuang muslim yang wafat dalam Perang Uhud, perang dahsyat yang terjadi antara kaum muslimin melawan kaum musyrikin pada masa Rasulullah SAW.

Pertempuran tersebut terjadi pasca kemenangan kaum muslimin dalam Perang Badar. Karena kalah dalam Perang Badar, kaum musyrikin menyusun strategi dan kekuatan setelah bersepakat mengadakan serangan balasan dengan berbagai persiapan.

Kaum Musyrikin pun menuju Madinah hingga sampai di dekat Jabal Uhud. Disinilah akhirnya pecah perang dahsyat yang dinamakan Perang uhud.

Dalam peperangan tersebut banyak kaum muslimin yang mati syahid. Tak sedikit pula dari kaum musyrikin yang tewas. Namun pasukan muslimin tetap berhasil mempertahankan Madinah Al Munawarah.

Para muslimin yang mati syahid kemudian dimakamkan di kawasan Jabal Uhud yang hingga kini banyak dikunjungi para peziarah.

Makam para syuhada Uhud terletak 55 meter dari Jabal Rumat, yaitu sebuah bukit merah sebelah selatan dan dinamai Jabal Rumat karena di bukit itu Nabi Muhammad SAW menunjuk 50 orang pemanah untuk bersiaga dalam Perang Uhud.

Sementara Jabal Uhud sendiri tingginya 1 km dari permukaan laut dengan panjang 7 km dikelilingi bukit membentang dari timur hingga barat sepanjang 19 km. Terletak di sebelah utara sekitar 1 km dari makam para syuhada atau 4 km dari Masjid Nabawi.

(Sumber : Kemenag.go.id)

※ Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin.

¤ Salam sayang buat isteri & anak tercinta :
“Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah”


 
;